Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Penyelundupan Baby Lobster Di Bandara, Tiga Petugas Angkasa Pura I Diadili
Senin, 23-09-2019 | 19:03 wib
Oleh : Mujianto Primadi
Sidoarjo pojokpitu.com, Tiga terdakwa pegawai Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, diadili di Pengadilan Negeri Sidoarjo. Jaksa penuntut umum telah menghadirkan empat saksi ahli dari petugas bandara, Kepala Bea Cukai Juanda Surabaya dan saksi ahli bidang hukum pidana.

Sidang pidana eksport baby lobster yang berjumlah 113.300 ekor baby lobster senilai Rp 17,3 milyar, kembali disidangkan di Pengadilan Negeri Sidoarjo dalam tahap keterangan saksi ahli. Tiga terdakwa dari petugas Angkasa Pura I Juanda Surabaya, di antaranya Agus Tri Harjono, Rifki Ijazul Haq dan Vicky Nurdana dihadirkan di meja persidangan.
 
Ketua Majelis Hakim, Minanoer Rachman mempersilahkan JPU Rochida untuk menghadirkan empat saksi ahli di antaranya Budi Harjanto, Kepala Kantor Bea Cukai Juanda, Ahmad Chotim Petugas Bandara, Rudi Wiyanto petugas bandara, Yovita Ari, ahli hukum pidana. Keempat saksi ahli telah menerangkan tugas pokok, larangan ekspor dan sanksi jika melanggar kode etik pengawasan pengamanan bandara.
 
Dari keterangan keempat saksi ahli, telah menguatkan jaksa penuntut umum untuk memberikan tuntutan kepada ketiga terdakwa dalam sidang berikutnya.
 
Budi Harjanto, Kepala Kantor Bea Cukai Juanda Surabaya, seusai memberikan keterangan saksi di hadapan ketua majelis hakim mengatakan, ketiga terdakwa ditangkap adanya kecurigaan terhadap barang yang berupa koper lewat jalur VIP. Padahal jalur tersebut khusus penumpang.
 
Setelah dilakukan pengecekan di dalam bagasi pesawat Garuda, ternyata benar bahwa ada 113.300 ekor baby lobster senilai Rp 17,3 milyar.
 
Sementara itu, dari ketiga terdakwa, salah satu mendapatkan tawaran dari eksportir baby lobster. Setiap orang akan mendapatkan honor Rp 10 juta. Ketiganya bekerja sesuai rencana, koper berisi baby lobster masuk ke dalam begasi pesawat dengan tujuan Singapura.(end)
 




Berita Terkait


Penyelundupan Baby Lobster Di Bandara, Tiga Petugas Angkasa Pura I Diadili


Petugas Keamanan Juanda Gagalkan Penyelundupan Baby Lobster

Polisi Gagalkan Ribuan Penyelundupan Baby Lobster
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber