Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Mlaku - Mlaku 

Merpati Balap Nusantara Ajang Perekat Persatuan Bangsa
Sabtu, 28-09-2019 | 20:05 wib
Oleh : Wildan Lipu Prasasti
Sumenep pojokpitu.com, Dalam upaya melestarikan peninggalan budaya dari para leluhur, khususnya di Kabupaten Sumenep , Jawa Timur, yang hingga kini tetap lestari. Salah satunya merupakan lomba merpati balap nusantara, kegiatan ini diyakini dapat memperat tali persaudaraan dan persatuan sesama warga negara, utamanya para pecinta burung merpati se-nusantara.

Kontes merpati balap nusantara, kali ini digelar di lapangan Balap,  Desa Marengan Daya, Kecamatan Kalianget Sumenep, yang diikuti sebanyak 750 peserta yang datang dari berbagai daerah. Baik peserta lokal Madura maupun luar Madura, seperti dari Kota Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Jombang, Jember, Banyuwangi, Bali,  serta daerah lainnya di tanah air.
 
Para peserta saling mengadu kecepatan burung merpati jantan miliknya, yang dilepas oleh para joki dari kejauhan 800 meter hingga satu kilometer, sekali pelepasan merpati diadu sebanyak tiga pasang burung merpati.

Sedangkan yang lebih cepat sampai ditangan joki si pemegang burung betina tersebut dinyatakan pemenangnya, untuk selanjutnya diadu kembali dengan pemenang yang lainnya, hingga kemudian memperebutkan juara satu, juara dua dan juara ketiga.
 
Nurussalam, pelaksana, menjelaskan, kontes merpati balap selain melestarikan budaya khas madura yang mulai menasional juga sebagai ajang mempererat tali persaudaran dan persatuan sebagai sesama warga negara dari berbagai daerah. Sebab dalam kontes  merpati balap ini digelar secara bergiliran di tiap-tiap kabupaten dan kota di seluruh tanah air. (yos)

Berita Terkait


Merpati Balap Nusantara Ajang Perekat Persatuan Bangsa

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber