Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Beragam cara warga untuk mendatangkan hujan di tengah kemarau panjang. Di Kabupaten Bondowoso, sebuah desa menggelar budaya karapan sapi sawah yang diikuti puluhan peserta. Foto Rizqi Setiawan
Berharap Datangnya Hujan, Warga Gelar Karapan Sapi Sawah
Rabu, 02-10-2019 | 08:14 wib
Oleh : Rizqi Setiawan
Bondowoso pojokpitu.com, Warga Dusun Baru Putih Desa Gubrih Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso, memohon datangnya hujan dengan menggelar budaya karapan sapi sawah. Gelaran warisan nenek moyang tersebut dilaksanakan di lahan milik warga.

Beragam cara warga untuk mendatangkan hujan di tengah kemarau panjang. Di Kabupaten Bondowoso, sebuah desa menggelar budaya karapan sapi sawah yang diikuti puluhan peserta. Berharap Datangnya Hujan, Warga Gelar Karapan Sapi Sawah

Prosesi awal dari karapan sapi dengan mengarak pasangan sapi mengelilingi arena pacuan dengan diiringi gamelan. Pada karapan sapi ini terdapat seorang joki dan 2 ekor sapi yang dibuat berlari sekencang mungkin mencapai garis finish.

Joki tersebut berdiri menarik semacam kereta kayu dan mengendalikan gerak lari sapi. Panjang lintasan pacu kurang lebih 100 meter dan berlangsung dalam kurun waktu 10 detik sampai 15 detik. Selain di lombakan, karapan sapi sawah juga ajang pesta rakyat dan tradisi yang bisa mengangkat status sosial seseorang.

Menurut Abdul Asis Panitia Karapan Sapi Sawah, bagi yang ingin mengikuti karapan sapi harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit. Mulai untuk melatih dan merawat sapi-sapi yang akan bertanding sebelumnya. Sapi karapan diberikan aneka jamu dan puluhan telur ayam per hari, khususnya menjelang diadu di arena karapan.

"Kegiatan ini rutin digelar setiap tahunnya oleh masyarakat Desa Gubrih. Pemenang lomba karapan sapi mendapatkan hadiah uang tunai untuk perawatan sapi," kata Abdul Asis. (pul)

Berita Terkait


Berharap Datangnya Hujan, Warga Gelar Karapan Sapi Sawah

Berharap Datangnya Hujan, Warga Gelar Karapan Sapi Sawah

Antisipasi Cuaca Panas Musim Kemarau Dengan Inovasi Hujan Buatan

Antispasi Hujan Abu, Pemerintah Desa Mulai Bagikan Masker


Antisipasi Cuaca Panas Musim Kemarau Dengan Inovasi Hujan Buatan

Dengan Cara Seperti Ini, Warga Berharap Hujan Segera Turun

Aktivitas Gunung Bromo Meningkat, Gempa Tremor Hingga Hujan Abu

Hujan Batu

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber