Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Warga Gelar Genduri, Sebelum Eskavasi Situs Penemuan Candi
Selasa, 08-10-2019 | 23:20 wib
Oleh : Mohammad Imron Danu
Blitar pojokpitu.com, Warga di sekitar lokasi penemuan candi, menggelar kenduri selamatan untuk dimulainya eskavasi oleh Tim Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) Trowulan Mojokerto. Diharapkan, proses eskavasi berjalan lancar, untuk mengungkap sejarah situs penemuan candi, yang selama ini dikenal sebagai situs joko pangon.

Kenduri selamatan digelar oleh warga sekitar lokasi penemuan candi di Kelurahan Gedog Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. dalam kenduri tersebut, warga juga membawa tumpeng, lengkap dengan lauk-pauknya.

Kenduri selamatan ini dipimpin oleh tokoh desa, dan juga tokoh agama.
Tidak hanya warga, tim eskavasi dari Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) Trowulan Mojokerto, juga ikut kenduri agar nanti dalam proses eskavasi berjalan lancar dan akhirnya dapat mengungkap misteri situs penemuan candi, yang selama ini dikenal sebagai situs joko pangon.

Camat Sananwetan, Heru Eko Pramono, mengaku, selain untuk mendoakan leluhur, kenduri selamatan ini juga bentuk harapan kepada tuhan agar dalam proses eskavasi nanti diberi kelancaran dan keberkahan untuk tim penggali dan juga warga sekitar.

Ketua Tim Eskavasi Trowulan Mojokerto, Nugroho Harjo Lukito, mengatakan, sebelum dilakukan eskavasi, pihaknya membuat kotak gali di beberapa titik. "Hal ini untuk menentukan tim agar dalam proses eskavasi nanti tidak kesalahan," ujarnya.

Seperti diketahui jika awal bulan September kemarin, warga dikejutkan oleh penemuan beberapa benda purbakala, seperti tumpukan batu-bata di areal persawahan warga, kepala kalla, dan juga relief bergambar wanita. (yos)

Berita Terkait


Warga Gelar Genduri, Sebelum Eskavasi Situs Penemuan Candi


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber