Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Kemarau Berkepanjangan, Anggaran Bantuan Air Bersih Masih Mencukupi
Kamis, 10-10-2019 | 04:21 wib
Oleh : Agus Bondan
Tulungagung pojokpitu.com, Selama musim kemarau dan bencana kekeringan yang menyebabkan krisis air bersih di lima kecamatan di Tulungagung, membuat BPBD setempat, berupaya terus melakukan penyaluran air bersih terhadap warga yang kesulitan mendapatkan air bersih . Droping air bersih yang menggunakan anggaran dari APBD ini , diklaim cukup untuk memenuhi bantuan penyaluran air bersih hingga berakhirnya musim kemarau .

Krisis air bersih yang terjadi di 5 kecamatan di Tulungagung, yakni Kecamatan Kalidawir, Pucanglaban, Tanggunggunung, Besuki, dan Kecamatan Pagerwojo, membuat pihak BPBD setempat, terus berupaya melakukan penyaluran air bersih kepada warga yang membutuhkan air bersih.

Secara bergiliran, dalam 1 hari, BPBD mampu menyalurkan 6 hingga 7 kali pengiriman air bersih ke desa yang mengalami krisis air bersih.

Menurut Kepala BPBD Tulungagung, Suroto, untuk kemarau tahun ini, jumlah desa mengalami krisis air bersih mengalami penurunan, jika dibanding tahun sebanyak 15 desa dan saat hanya 9 hingga 10 desa di 5 kecamatan. Karena di beberapa desa , sumber air yang digunakan untuk keperluan sehari-hari, masih mengeluarkan air, meski debitnya kecil, sehingga masih cukup untuk keperluan memasak dan air minum.

Anggaran yang disediakan untuk menyalurkan air bersih ke 10 desa, yang berasal dari APBD Kabupaten Tulungagung, diklaim cukup hingga berakhirnya bencana krisis air bersih. "Jika anggaran tersebut, menipis, pihak BPBD Tulungagung, akan mengajukan bantuan anggaran kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur," kata Suroto, Kepala BPBD Tulungagung.

Sebelumnya, bencana krisis air bersih di Tulungagung, memasuki awal bulan September, semakin meluas, dari sebelumnya 5 desa di 2 kecamatan meluas menjadi 9 hingga 10 desa di 5 kecamatan dan 1 desa, yakni Desa Kradinan , Kecamatan Pagerwojo di lereng Gunung Wilis, yang sepanjang tahun tidak pernah mengalami krisis air bersih, kini juga mengalami krisis air bersih.(end)

Berita Terkait


PDAM Patok Harga Rp 285 Ribu Pertangki Untuk BPBD Ponorogo

Warga Kawasan Porong Mulai Kekurangan Air Bersih

Polisi Droping Air Bersih di Lokasi Pelosok Ponorogo

Droping Air Bersih Akibat Krisis Air Disambut Gembira Warga


Kemarau Berkepanjangan, Anggaran Bantuan Air Bersih Masih Mencukupi

Krisis Air Bersih Meluas, BNPB Turun Ke Lapangan

Kemarau Panjang, Empat Kecamatan di Blitar Krisis Air Bersih

Kekeringan, Yonarmed 12 Kirim Air Bersih

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber