Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Gelombang Perantau Wamena Asal Probolinggo Terus Berdatangan
Kamis, 10-10-2019 | 16:15 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com, Gelombang pengungsi Wamena asal Probolinggo Jawa Timur terus berdatangan, setidaknya masih ada ratusan warga asal Probolinggo masih tertahan di Wamena.

Melihat kondisi tersebut, membuat Walikota Probolinggo terus memantau perkembangan rakyatnya di bumi cendrawasih ini. Rencananya secara bergelombang prantau asal Jawa Timur dipulangkan melalui jalur laut dan udara.

Dampak kerusuhan di Wamena, Papua, membuat gelombang warga luar Papua yang akan meninggalkan papua terus mengantri di sejumlah pengungsian.

Setidaknya ada sekitar 250 warga asal kota mangga ini masih berada di papua, baik tertahan di pengungsian maupun masih berada di beberapa kota di Papua, Papua Barat.

Untungnya hampir sepekan ini kondisi di Wamena berangsur pulih. Hanya saja, pengungsi masih banyak yang enggan keluar dari pengungsian.

Melihat kondisi tersebut, membuat Walikota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin, terus memantau perkembangan kondisi rakyatnya selama masih di sejumlah pengungsian.

Komunikasi antar ketua kelompok dari hari ke hari terus terpantau, mulai melalui pesan pendek hingga komunikasi melalui video call.

Siti Muryana, salah satu ibu dari salah pengungsi ini misalnya, saat komunikasi melalui video call dia meminta dua anaknya untuk pulang ke kampung halaman.

Sementara itu menurut Habib Hadi Zainal Abidin, Walikota Probolinggo, rakyatnya yang masih ada di Papua masih mencapai 250 orang. "Rencananya akan dipulangkan dengan beberapa gelombang," kata Walikota Probolinggo.

Sampai saat ini warga yang sudah pulang ke kampung halaman, sudah 70 orang, baik melalui pesawat herkules maupun dengan cara mendiri. (yos)

Berita Terkait


Diselamatakan Pendeta, Ratusan Perantau Wamena Tiba di Probolinggo

Perantau Wamena Tiba di Situbondo, Begini Ceritanya

Perantau Asal Wamena Tiba di Mojokerto, Mereka Mengaku Trauma

Terdapat 33 Pengungsi Wamena Mengalami Sakit dan Trauma


Menenangkan Diri Pasca Kerusuhan, Warga Trenggalek Masih Ingin Kembali Ke Wamena

519 Perantau Wamena Akan Tiba Dengan Naik Kapal

Gelombang Perantau Wamena Asal Probolinggo Terus Berdatangan

6 Warga Dari Wamena Ingin Menenangkan Diri dan Menghilangkan Trauma

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber