Berita Terbaru :
Microsoft Mulai Gantikan Tugas Jurnalis dengan Robot
Dua Balita Warga Ngagel Reaktif Positif Covid 19
5 Jam Pencarian, Pemuda Penjaring Ikan Tenggelam Ditemukan Meninggal Dunia
   

E-Litigasi, Program Terbaru Pangkas Waktu Menunggu di Pengadilan
Teknologi  Jum'at, 18-10-2019 | 10:02 wib
Reporter : Moch Sahid
Dra Susanti Arsy W, SH, MH Ketua PN Kabupaten Bangkalan
Bangkalan pojokpitu.com, Untuk memangkas waktu menunggu dan mewujudkan kemudahan dan berusaha dan beracara di pengadilan, Pengadilan Negeri Kabupaten Bangkalan menggelar sosialisasi Perma No 01 tahun 2019 tentang administrasi perkara persidangan di pengadilan secara elektronik

Menurut Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Bangkalan Susanti Arsy, lahirnya Perma No 01 tahun 2019 merupakan wujud nyata Mahkamah Agung melangkah ke era sistem peradilan secara elektronik. Merupakan responsif terhadap kebutuhan dan aspirasi masyarakat dalam mewujudkan keterbukaan dan akuntabilitas lembaga publik kepada masyarakat.

E-litigasi atau persidangan secara elektronik merupakan peningkatan aplikasi e-court yang telah dilakukan lembaga peradilan sebelumnya. Dimana e-court sebelumnya hanya memfasilitasi kemudahan dalam pendaftaran gugatan melalui e-filling. Pemanggilan melalui e-summons, dan pembayaran panjar perkara melalui e-payment.

"Dengan e-litigasi diharapkan dapat mewujudkan sistem peradilan yang sederhana, cepat dan murah, menjadi solusi kendala geografis yang dibatasi jarak. Sehingga pencari keadilan tidak perlu lagi repot-repot datang ke pengadilan," Susanti Arsy.

F-litigasi adalah persidangan secara elektronik, jawab menjawab secara elektronik bahkan pemeriksaan bukti-bukti juga dilakukan secara elektronik. Serta di persidangan berikutnya dapat membawa bukti-bukti asli. "Kesimpulannya adalah, memangkas waktu menunggu di pengadilan, yang akan diterapkan di semua pengadilan di bawah Mahkamah Agung. Sehingga dengan sistem ini kita sudah memodernisasi peradilan," kata Susanti Arsy

Dengan aplikasi e-litigasi proses peradilan dapat dilakukan secara elektronik mulai dari pendaftaran gugatan melalui e-court. Para pihak dapat melakukan jawab-menjawab bahkan pembuktian dan putusan pengadilan dapat dilakukan secara elektronik. "E-litigasi akan diterapkan secara serentak di seluruh pengadilan di Indonesia mulai tahun 2020. sehingga semua perkara gugatan terhitung tahun 2020 akan didaftarkan melalui e-court," terang Susanti Ersy.

Sementara itu Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron mengatakan sosialisasi dilakukan oleh Pengadilan Negeri Kabupaten Bangkalan tentang Perma No o1 tahun 2019. Tentang tata cara peradilan secara online sehingga lebih mudah dan efisien. "Kami berharap para peserta dapat mengikuti sosialisasi dengan baik dan sampai selesai, sehingga mengetahui dan memahami tata cara peradilan secara online yang disampaikan oleh nara sumber," kata R Abdul Latif Amin Imron.

Berita Terkait

E-Litigasi, Program Terbaru Pangkas Waktu Menunggu di Pengadilan
Berita Terpopuler
5 Jam Pencarian, Pemuda Penjaring Ikan Tenggelam Ditemukan Meninggal Dunia
Peristiwa  4 jam

Dua Balita Warga Ngagel Reaktif Positif Covid 19
Metropolis  2 jam

Microsoft Mulai Gantikan Tugas Jurnalis dengan Robot
Teknologi  54 menit



Cuplikan Berita
Gelombang Tinggi Terjang Pantai Selatan Lumajang
Pojok Pitu

Puluhan Rumah Warga Pantai Sine Terendam Banjir Rob
Pojok Pitu

Banjir Terjang 5 Kecamatan di Tengah Pandemi Covid-19
Jatim Awan

Dua Truk Pasir Terseret Lahar Dingin Semeru
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber