Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Belasan Musisi Menggugat, Polda Jatim Tindak Rumah Karaoke Komersilkan Lagu Tanpa Ijin
Selasa, 22-10-2019 | 17:32 wib
Oleh : Yusmana Windarto
Surabaya pojokpitu.com, Sejumlah musisi tanah air, melalui Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN), melaporkan rumah karaoke yang terbukti melanggar hak cipta di Surabaya. Menanggapi laporan itu, Polda Jawa Timur akhirnya menindak satu rumah karaoke yang mengkomersilkan lagu-lagu tanpa izin dan menyita sejumlah perlengkapan karaoke sebagai barang bukti.

Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Timur, akhirnya menindak satu rumah karaoke di Surabaya. Penindakan ini dilakukan, setelah menerima laporan dari belasan musisi tanah air melalui Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) terkait dugaan praktek pelanggaran hak cipta, sesuai undang-undang nomor 28 tahun 2014.

Sebagai tindak lanjut laporan dari LMKN yang menaungi hak cipta musisi di Indonesia, Polda Jatim pun menggelar kasus tersebut. Dalam gelar kasus ini, Polda juga menghadirkan sejumlah musisi, di antaranya Anang Hermansyah, vokalis Dmasiv Band, Rian Ekky, dan Adi Adrian, personel KLa Project yang juga komisioner LMKN.

Dirditreskrimsus Polda Jawa Timur, Kombespol Ahmad Yusep Gunawan, dalam laporan LMKN, menyebutkan sebanyak satu dari dua rumah karaoke di Surabaya akhirnya ditindak sesuai undang-undang, karena enggan menyelesaikan perizinan.

Dalam kasus ini, satu orang direktur rumah karaoke berinisial IK telah ditetapkan sebagai tersangka. Sejumlah barang bukti yang disita dalam pelanggaran hak cipta di antaranya, server rumah karaoke, layar monitor, sound system, metadata lagu-lagu dalam daftar putar yang belum berijin. Diharapkan dengan penindakan ini, pelaku usaha rumah karaoke yang sengaja melanggar hak cipta akan jera dan tidak melakukan aksi yang sama.(end)

Berita Terkait


Belasan Musisi Menggugat, Polda Jatim Tindak Rumah Karaoke Komersilkan Lagu Tanpa Ijin

Digelar Lagi, Sidang Pelanggaran Hak Cipta Happy Puppy dan Nav


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber