Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Polda Jatim Sita Ribuan Kosmetik Ilegal Berbahaya
Kamis, 24-10-2019 | 16:40 wib
Oleh : Ainul Khilmiah
Surabaya pojokpitu.com, Ditreskrimsus Polda Jawa Timur berhasil menyita ribuan kosmetik ilegal tanpa ijin edar, yang ditemukan mengandung bahan kimia berbahaya. Dari penjualan kosmetik yang diedarkan di seluruh wilayah Jawa Timur ini, pemilik berhasil meraup omset senilai Rp 1,6 milyar per bulan.

Ribuan kosmetik ilegal bermerk KLT ini, berhasil disita polisi dari PT. Glad Skincare yang berlokasi di Babatan, Menganti, Surabaya. Dari hasil penjualan krim ilegal tersebut, pemilik yang berinisial MM yang sudah ditetapkan sebagai tersangka, berhasil meraup omset hingga Rp 1,6 milyar per bulan.

"Ribuan kosmetik ini terdiri dari berbagai jenis, beberapa di antaranya krim pagi, krim malam, toner, hand body, dan sabun. Tersangka memperjualbelikan kosmetik tersebut sejak tahun 2017 di seluruh wilayah di Jawa Timur tanpa dilengkapi ijin edar  baik secara langsung maupun melalui online," tutur Kompol Suryono - Kasubdit Indagsi Ditreskrimsus Polda Jawa Timur.

"Perusahaannya pun diketahui tidak terdaftar secara resmi. Setelah diperiksa melalui tes laboratorium, petugas juga menemukan kandungan bahan kimia berbahaya dalam kosmetik yang dijualnya, yakni mercury dan hidroquinone," tambahnya.

"Dalam kesehatan, mercury dan hidroquinone termasuk dalam bahan kimia berbahaya yang bersifat karsinogenik. Bahan kimia tersebut, dilarang untuk ditambahkan ke dalam kosmetik, karena meski dapat membuat kulit menjadi putih, namun dalam jangka panjang, mercury dapat memicu kanker kulit," kata Siti Amanah, Kabid Penindakan BPOM Surabaya.

Atas kasus tersebut, tersangka dijerat pasal 196 dan 197 Undang-Undang nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan dengan ancaman hukuman paling lama 15 tahun penjara dan denda paling banyak Rp 1,5 milyar. Untuk menghindari penggunaan kosmetik-kosmetik berbahaya yang banyak beredar, masyarakat diminta lebih berhati-hati untuk membeli kosmetik, khususnya yang dijual lewat online.(end)

Berita Terkait


Selama 11 Bulan, 96 Kosmetik Ilegal Masuk Indonesia

Polda Jatim Sita Ribuan Kosmetik Ilegal Berbahaya

Ratusan Botol Kosmetik Ilegal Berbagai Merek Terkenal Disita Polisi

BBPOM Musnahkan Obat dan Kosmetik Ilegal Senilai Rp 5 Miliar


Pemanggilan 2 Pedangdut Endorse Kosmetik Ilegal Ditunda

Ratusan Kosmetik Ilegal Berhasil Diamankan Petugas Kepolisian

BBPOM Musnahkan Obat dan Kosmetik Ilegal Senilai Rp 5 Miliar

Razia Toko Kosmetik di Mall, BPOM Sita Ratusan Kosmetik Ilegal
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber