Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Kesehatan 

Kosmetik Ilegal Bisa Sebabkan Kerusakan Syaraf
Selasa, 29-10-2019 | 18:50 wib
Oleh : Atiqoh Hasan
Surabaya pojokpitu.com, Penggunaan kosmetik mengandung bahan berbahaya seperti mercury dan hydroquinone melebihi ambang batas, rupanya sangat berbahaya. Bahkan selain merusak lapisan kulit luar, penggunaan komsetik dengan bahan berbahaya tersebut, dalam jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan syaraf hingga kerusakan fungsi ginjal.

Efek jangka pendek biasanya akan terjadi panas seperti tebakar pada kulit, hingga apabila terpapar sinar matahari, maka kulit akan menjadi hypersensitif, kulit merah hingga iritasi.

Tidak hanya itu, karena mercury mengandung logam berat, maka dalam jangka panjang pemakaian akan terjadi transformasi dalam tubuh, hingga menyebabkan kerusakan syaraf hingga  kerusakan fungsi ginjal.

Devyana Dyah Wulandari, Dosen Analis Kesehatan Unusa, mengatakan, pemakaian bahan berbahaya seperti mercury tidak dianjurkan sama sekali dipakai dalam kosmetik. 

"Sementara untuk bahan kimia hydroquinone, asam retinoat, dan steroid memang diperbolehkan. Namun harus ada pengawasan dokter, jadi tidak boleh sembarangan dimasukkan dalam kosmetik," ujar Devyana.

Lebih lanjut Devyana menambahkan, untuk mengetahui apakah kosmetik anda mengandung bahan berbahaya mercury, mungkin bisa dilihat dari efek pertama kali pemakaian. 

Apabila ada bahan berbahaya dalam kosmetik, biasanya akan terjadi panas dan timbul iritasi. Bisa juga dilihat dari teksturnya, biasanya kalau ada kandungan mercury dalam kosmetik itu krim kosmetik, terlihat lebih mengkilat, dan teksturnya lengket. (yos)

Berita Terkait


Selama 11 Bulan, 96 Kosmetik Ilegal Masuk Indonesia

Kosmetik Ilegal Bisa Sebabkan Kerusakan Syaraf

Polda Jatim Sita Ribuan Kosmetik Ilegal Berbahaya

Kasus Kosmetik Ilegal Libatkan Via Vallen Mulai Disidangkan


Terkait Kasus Kosmetik Ilegal, Pedangdut Nella Kharisma Dicecar 30 Pertanyaan

Pemanggilan 2 Pedangdut Endorse Kosmetik Ilegal Ditunda

Ratusan Kosmetik Ilegal Berhasil Diamankan Petugas Kepolisian

Kejaksaan Bakar Ratusan Kosmetik Ilegal
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber