Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Berharap Turun Hujan, Warga Pamekasan Lakukan Tradisi Okol
Minggu, 03-11-2019 | 01:18 wib
Oleh : Moh. Hasan
Pamekasan pojokpitu.com, Musim kemaru berkepanjangan yang masih melanda Pulau Madura, membuat warga Desa Akkor, Kecamatan Palengaan, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, menggelar tradisi gulat tradisional khas madura atau yang biasa disebut okol, yakni upacara adat untuk mengharapkan turun hujan.

Kemarau yang berkepanjangan menyebabkan warga Kecamatan Palengaan dan sekitarnya, kekurangan air bersih. Hal tersebut membuat warga berharap hujan dan tidak kesulitan untuk mendapatkan air, sehingga mereka menggelar tradisi okol.
 
Bertempat di sebuah lahan kering di Desa Akkor, Kecamatan Palengaan, Pamekasan, Madura Jawa Timur. Ratusan warga dari 7 kecamatan di Pamekasan, berkumpul untuk menggelar tradisi okol untuk mengharap turunnya hujan.
 
Dalam ritual upacara adat minta hujan ini, nantinya akan ada dua orang petarung, untuk bergulat, dengan dipimpin oleh dua orang wasit atau yang biasa disebut buto.
 
Buto juga bertugas menyeleksi masing-masing pemain okol, yaitu dengan menghadapkan dua petarung terpilih, dan jika antar petarung sudah dianggap seimbang maka pertarungan dimulai.
 
Zainal Abidin, panitia, mengatakan, pertarungan okol hampir mirip dengan olah raga gulat, dimana para pemain saling mengadu kekuatan untuk menjatuhkan lawan. 

"Petarung dinyatakan kalah jika salah satu petarung terjatuh dengan punggung menyentuh tanah, sementara petarung yang berhasil menjatuhkan lawannya dinyatakan menang," kata Zainal Abidin. 
 
Dengan pertarungan okol ini, para petarung dan warga berharap hujan akan turun deras, seperti derasnya keringat para petarung.
 
Kedua pemain okol baik yang menang maupun yang kalah mendapatkan hadiah, yang menang mendapatkan hadiah sebuah kaos dan air mineral. Sedangkan yang kalah hanya mendapatkan hadiah satu bungkus rokok dan air mineral. (yos)

Berita Terkait


Berharap Turun Hujan, Warga Pamekasan Lakukan Tradisi Okol

Adu Pecut, Tradisi Tiban Ritual Minta Hujan Warga Banyuwangi

Berharap Segera Turun Hujan, Warga Ritual Dengan Cara Menggelar Tari Tarian

Tradisi Mandi Kucing, Ritual Petani di Jombang Meminta Hujan


Kekeringan Berkepanjangan, Ribuan Santri Gelar Sholat Minta Hujan

Ribuan Santri Salat Minta Hujan Peringati Hari Santri

Minta Hujan Puluhan Siswa MI Sholat Istiqo

Forkopimda Jatim Gelar Shalat Minta Hujan

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber