Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Kalangan Akademisi Ikut Lestarikan Benteng Kedung Cowek
Selasa, 12-11-2019 | 18:40 wib
Oleh : Fakhrurrozi
Surabaya pojokpitu.com, Kondisi cagar budaya Benteng Kedung Cowek yang masih memprihatinkan, mendorong kalangan akademisi ikut peduli melestarikannya. Salah satunya Universitas Wijaya Kusuma yang berniat menjadikan Benteng Kedung Cowek sebagai salah satu destinasi wisata di Surabaya.

Guna merealisasikan Benteng Kedung Cowek sebagai destinasi wisata di Surabaya, Universitas Wijaya Kusuma menggelar sarasehan di lokasi yang merupakan cagar budaya ini. Sarasehan yang digelar dalam rangka Hari Pahlawan ini, tak hanya dihadiri kalangan akademisi, tapi juga TNI, Polri, veteran kemerdekaan, Pemkot Surabaya, dan tokoh pegiat sejarah Surabaya.

Dalam sarasehan ini, seluruh tamu undangan sepakat akan melestarikan cagar budaya Benteng Kedung Cowek. "Universitas Wijaya Kusuma berniat menjadikan benteng seluas 7 hektar ini sebagai salah satu destinasi wisata di Surabaya. Nantinya, para akademisi ini akan menjalin komunikasi dengan Kodam V Brawijaya dan Pemkot Surabaya," ungkap Sri Harmadji, Rektor UWK.

"Sekedar diketahui, Benteng Kedung Cowek ini salah satu bangunan bersejarah peninggalan Pemerintahan Hindia Belanda di Surabaya. Masyarakat sekitar menyebut benteng ini sebagai gudang peluru, karena memang digunakan sebagai penyimpanan peluru," papar Prof. Sudarso Djoyonegoro, Ketua Pembina UWK.

Tujuan awal dibangunnya benteng ini untuk pertahanan Belanda melawan Jepang saat perang Pasifik. Belanda menyiapkan meriam besar dibalik beton benteng yang telah dibangun dengan sangat kokoh dan tebal ini. Namun sayangnya Benteng Kedung Cowek ini belum terlalu dikenal masyarakat. Salah satu penyebabnya, lokasi Benteng Kedung Cowek yang jauh dari perkotaan, tepatnya di Kecamatan Kedung Cowek Surabaya.(end)

Berita Terkait


Kalangan Akademisi Ikut Lestarikan Benteng Kedung Cowek


Tim Cagar Budaya dan Pemerhati Sejarah Pertanyakan Kembali Kejelasan Benteng Kedung Cowek pada Pemkot

Wisata Benteng Kedung Cowek Bisa Jadi Opsi Wisata Historis

Selamatkan Benteng Kedung Cowek

Benteng Kedung Cowek Tetaplah Kau Berdiri Disana

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber