Berita Terbaru :
Cegah Corona, Puluhan Napi di Lapas Tuban Dibebaskan
Keterlaluan, Bisnis Ganja di Tengah Wabah Corona
   

Tekan Kenakalan Remaja, Karang Taruna Desa Ringinpitu Produksi Miniatur Kapal Dari Bambu
Ekonomi Dan Bisnis  Jum'at, 22-11-2019 | 07:11 wib
Reporter : Agus Bondan
Tulungagung pojokpitu.com, Memanfaatkan limbah bambu bekas bangunan, sekelompok pemuda di Tulungagung, membuat kerajinan miniatur kapal yang unik dan bernilai ekonomi.

Selain untuk tujuan ekonomi, kegiatan mendaur ulang barang bekas ini diharapkan bisa mengurangi tingkat kenakalan remaja, terutama penyalahgunaan narkoba di lingkungan mereka.

Mengisi waktu luang dengan kegiatan yang positif, sekelompok pemuda di Desa Ringinpitu, Kecamatan Kedungwaru, Tulungagung, bersama-sama membuat kerajinan unik. 

Dengan memanfaatkan bambu bekas tiang umbul-umbul dan bekas bangunan, belasan pemuda yang tergabung dalam karang taruna tunas muda ini, membuat berbagai bentuk miniatur kapal.

Dengan dibimbing beberapa pengurus karang taruna senior, belasan pemuda ini tampak antusias mengerjakan tahapan demi tahapan pembuatan kerajinan. 

Mereka berbagi tugas mulai dari meraut, menghaluskan permukaan iratan bambu, hingga merakitnya menjadi bentuk kapal layar. Kerajinan berbahan bambu sengaja dipilih, karena bahan yang mudah didapat di lingkungan mereka.

Menurut Muhamad Ikhsanudin, anggota karang tarunba, dalam membuat kerajinan miniatur kapal, bagian yang paling sulit adalah saat proses perakitan. Dibutuhkan ketelatenan serta ketepatan penempelan bahan, agar miniatur perahu tidak hanya terlihat indah, namun juga kuat. 

"Saat ini karya yang dibuat masih sebatas miniatur kapal pinishi dan kapal layar lainnya. Kita berencana membuat bentuk kerajinan berbahan bambu lain, yang saat ini masih terus dicoba untuk dikembangkan," kata Muhamad Ikhsanudin.

Kegiatan para pemuda desa ringinpitu inipun mendapat dukungan dari berbagai pihak. Menurut Ketua RW setempat, Haryono, selama ini para pemuda di lingkungannya minim kegiatan positif, sehingga memicu munculnya berbagai kenakalan remaja. "Diharapkan dengan kegiatan karang taruna seperti ini bisa menekan tingkat kenakalan remaja, terutama penyalahgunaan narkoba," ujarnya.

Miniatur kapal layar karya karang taruna tunas muda Desa Ringinpitu ini, dijual bervariasi. Satu buah miniatur kapal, dihargai mulai dari harga Rp 150 hingga Rp 200 ribu tergantung bentuk dan tingkat kerumitan. (yos)

Berita Terkait

Pantang Menyerah, Seorang Difabel Berkreasi Membuat Miniatur Kapal Klasik Unik

Cuaca Buruk, Nelayan Alih Profesi Jadi Pengrajin Miniatur Kapal

Tekan Kenakalan Remaja, Karang Taruna Desa Ringinpitu Produksi Miniatur Kapal Dari Bambu

Inilah Miniatur Kapal Karya Narapidana Lapas Tulungagung
Berita Terpopuler
Keterlaluan, Bisnis Ganja di Tengah Wabah Corona
Hukum  44 menit

Cegah Corona, Puluhan Napi di Lapas Tuban Dibebaskan
Hukum  33 menit



Cuplikan Berita
Jalan Darmo dan Tunjungan Surabaya Ditutup 2 Minggu
Pojok Pitu

Berburu Manisnya Buah Srikaya Puthuk Tuban
Pojok Pitu

Relawan Serahkan APD di RSUD Kanjuruhan Kepanjen
Jatim Awan

Kabupaten Nganjuk Menjadi Salah Satu Daerah Zona Merah di Jatim
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber