Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Malang Raya 

Polisi Amankan Pencuri HP Bersama Hewan Piaraan yang Dilindungi
Sabtu, 23-11-2019 | 17:01 wib
Oleh : Rohim Alfarizi ,Ade Prasetyo
Malang pojokpitu.com, Naas bagi tersangka pencurian HP inisial NR, ketika diamankan di rumahnya polisi menemukan hewan piaraan yang dilindungi undang-undang. Akibatnya pelaku akan dijerat dua pasal sekaligus.

Awalnya, polisi mengamankan pelaku di rumahnya usai korban melaporkan telah kehilangan handphone miliknya. Setelah digeledah, polisi menemukan hewan jenis elang bondol yang dilindungi undang-undang disimpan di rumahnya.

AKBP Dony Alexander, Kapolres Malang Kota, menjelaskan, tak ayal selain mengamankan pelaku, hewan dilindungi tersebut juga  disita polisi.

"Dari penggeledahan kasus 362 KUHP,  di temukan hewan yang dilindungi , yakni satu elang jenis elang bondol. Hewan ini sudah langka dan diatur oleh undang-undang, tidak diperbolehkan  untuk di pelihara secara  pribadi," kata AKBP Dony Alexander.

Sementara , Kasat Polhut BKSDA Jawa Timur, Hari Purnomo, menjelaskan, elang jenis bondol ini nantinya akan dilatih agar bisa liar.
"Satwa-satwa yang dilindungi akan dikembalikan ke alam, sebelum nya dibawa ke kandang transit di Surabaya," jelas Hari Purnomo.

Hewan jenis elang ini sudah  merata dan populasinya belum bisa dipastikan. Jenis elang bondol ini paling banyak di kawasan konservasi di Pulau Jawa.

Akibat perbuatannya, NR diancam dua pasal sekaligus, yakni kasus pencurian HP pasal 362 pidana 5 tahun dan  pasal 21 ayat 2 huruf A pasal 40  ayat 2 UU RI nomer 5 tahun 1990, tetang konservasi sumberdaya hayati dan ekosistemnya dengan ancaman 5 tahun penjara. (yos)





Berita Terkait


Modus Beli Baju, Kutil HP di Etalase

Lima Kali Masuk Lapas, Nenek Pencuri Hp di Mall Tertangkap Lagi

Ketagihan Miras, Pemuda Pengangguran Nekat Curi HP

Curi HP Buat Bayar Hutang, Petani Ditangkap Polisi


Pria Spesialis Pencuri HP Ditangkap Polisi Karena Terekam CCTV
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber