Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Tempo Doeloe 

Dinas Parbudpora Sebut Ada 164 Arca yang Ditemukan
Minggu, 08-12-2019 | 04:07 wib
Oleh : M. Ramzi
Magetan pojokpitu.com, Tidak hanya arca ganesha yang ditemukan di Bangsri Ngariboyo, Dinas Pariwisata Kabupaten Magetan, juga mencatat ada ratusan arca lainnya yang ditemukan. Semuanya sudah didata dan dilaporkan ke Kementerian.

Ditemukannya arca ganesha unik dengan rambut ikal di Desa Bangsri Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan, bukan hal baru bagi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan.

Winarto, Sekretaris Dinas Pariwisata Magetan, mengatakan, Dinas Parbud, mencatat sebelumnya sudah ada ratusan arca atau batu peninggalan sejarah yang ditemukan. "Kita sudah mendata sedikitnya 164 arca peninggalan sejarah," kata Winarto.

Temuan tersebut sudah dilaporkan ke Kementerian dan Pemprov Jatim. Dinas Pariwisata hanya sekedar mendata, dan merawatnya semaksimal mungkin bersama pihak desa. "Karena untuk mengidentifikasi lebih dalam dan penanganan lebih lanjut, tidak mempunyai kemampuan," kata Winarto.

Sebagian arca yang terdata di Dinas Parbud, sudah mendapat respon dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Balai Pelestarian Cagar Budaya, Jawa Timur. Yang terahir, adalah arca ganesha di Desa Bangsri.

Catatan arkeolog, arca ini cukup unik karena keluar dari pakem. Pada umumnya, arca ganesha tidak memiliki rambut, namun yang ini memiliki rambut ikal juga ada ukiran naga bermahkota. (yos)

Berita Terkait


Dinas Parbudpora Sebut Ada 164 Arca yang Ditemukan

BPCB Jatim: Arca Ganesha di Bangsri Unik dan Langka

Arca Mirip Ganesha Ditemukan di Kebun Warga

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber