Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Kesehatan 

Menjaga Kebersihan Bisa Cegah Bayi Lahir Hidrosefalus
Minggu, 08-12-2019 | 05:13 wib
Oleh : Atiqoh Hasan
Surabaya pojokpitu.com, Viral seorang ibu di Surabaya dijauhi keluarga lantaran memiliki anak hidrosefalus. Dokter kandungan menyebut, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah bayi terlahir hidrosefalus.

Prosentase bayi lahir dengan kondisi hidrosefalus atau kelebihan cairan pada otak di Indonesia cukup tinggi. Setidaknya ada 1 dari 500 bayi lahir dengan kondisi hidrosefalus. ini lantaran kurangnya asupan gizi bagi ibu hamil.

Seperti kebutuhan akan mikronutrien yang penting bagi perkembangan otak bayi. khususnya asam folat, zat besi, dan omega tiga.

Selain itu, ibu hamil yang stres dan kurang menjaga kebersihan, mudah terinfeksi toksoplasma, sehingga memiliki kemungkinan melahirkan anak dengan kondisi hidrosefalus.

Muhammad Yusuf, dokter kandungan RSUD dr Soetomo menyebut, kondisi ibu yang terkena gigitan tikus saat hamil tidak berpengaruh terhadap kondisi janin. "Pun kondisi genetis, sebab hidrosefalus tidak diturunkan oleh sifat genetis orang tua," kata dr. Muhammad Yusuf

Dokter kandungan yang juga Sekretaris Persatuan Obstetri Ginekologi Indonesia, Pogi Surabaya ini meminta agar ibu hamil selalu menjaga asupan makanan dan kebersihan untuk kelangsungan hidup anak.

"Sebab, penyakit hidrosefalus yang diderita setiap bayi memiliki derajat keparahan yang berbeda. Jika tidak diperhatikan sejak dalam kandungan, bisa semakin parah bahkan bisa menyebabkan komplikasi saat dilahirkan," ujarnya.

Hidrosefalus adalah kondisi kepala dipenuhi oleh cairan yang seharusnya berfungsi sebagai bantalan bagi otak. Kelebihan cairan bisa menekan otak hingga menyebabkan kerusakan otak dan fisik. (yos)

Berita Terkait


Balita Hidrosefalus Dievakuasi Ke RSUD Nganjuk

Balita Hidrosefalus Dapat Bantuan Kesehatan

Balita Miskin Hydrosifalus Butuh Bantuan

Menjaga Kebersihan Bisa Cegah Bayi Lahir Hidrosefalus


Balita Miskin Terserang Penyakit Hidrosefalus

Derita Hidrosefalus, 2 Balita Malang Ini Tunggu Bantuan Pemerintah
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber