Berita Terbaru :
Begini Pembelajaran Tatap Muka di SMKN 6 Surabaya
Jelang Pilbup, Seluruh Ketua Parpol Melakukan Deklarasi Damai
Berburu Sinyal Wifi, Para Siswa Ini Belajar di Pos Ronda
   

Tiga Minggu Beraksi, Komplotan Pemalsu Dokumen Surabaya Dibongkar
Metropolis  Rabu, 11-12-2019 | 17:03 wib
Reporter : Yusmana Windarto
Surabaya pojokpitu.com, Setelah tiga minggu memalsukan dokumen negara, dua orang warga Surabaya akhirnya dibekuk Polsek Sawahan. Keduanya ditangkap dengan barang bukti puluhan e-KTP, SIM, ijazah sekolah palsu serta perlengkapan komputer.

Dua pemalsu dokumen yaitu Bery Prima Dranata (29) warga Dapuan Baru dan Sigit Dwi Saputro (43) warga Kebalen Timur, Surabaya, ini akhirnya meringkuk di sel tahanan Polsek Sawahan. Keduanya ditangkap karena terbukti memalsukan dokumen seperti e-KTP, SIM, dan ijasah sekolah maupun perguruan tinggi.
 
Dalam aksinya, kedua tersangka memiliki peran berbeda. Tersangka Bery merupakan otak kejahatan yang mendesain serta menerima pesanan dokumen. Sedangkan tersangka Sigit, berperan sebagai pemilik warnet yang turut membantu tersangka Bery, untuk mencetak desain dokumen palsu tersebut.
 
Terbongkarnya kasus pemalsuan dokumen itu berawal dari pelacakan petugas reskrim polsek sawahan terkait postingan tersangka terkait jasa pembuatan e-KTP, SIM, dan ijazah di sebuah media sosial. Dengan petunjuk tersebut, polisi berhasil mengetahui identitas tersangka.
 
"Dalam penangkapan, polisi berhasil menyita sejumlah barang bukti, puluhan e-KTP, SIM, dan beberapa ijazah sekolah yang tertulis SMA Negeri 5 Surabaya. Dari hasil penyidikan, tersangka mengaku menentukan tarif sebesar Rp 150 ribu untuk e-KTP, Rp 300 ribu untuk SIM, dan ijazah sebesar Rp 1 juta," kata AKP Argya Satriya Bhawana, Kapolsek Sawahan.

Akibat perbuatannya, kedua tersangka dijerat pasal 263 KUHP, tentang pemalsuan dokumen negara, dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.(end)

Berita Terkait

Residivis Memalsukan Dokumen Penting Dibekuk

Dua Terdakwa Mengakui Perbuatannya

Oknum ASN Terlibat Sindikat Pemalsuan Adminduk, Kini Masuk Bui

Polda Jatim Bongkar Praktek Pemalsuan Dokumen Untuk Pemilukada
Berita Terpopuler
Berburu Sinyal Wifi, Para Siswa Ini Belajar di Pos Ronda
Pendidikan  3 jam



Cuplikan Berita
Ratusan Ibu Hamil Swab Massal di Gelora Pancasila
Pojok Pitu

Begini Pengakuan Bupati Menanggapi Pemakzulan DPRD Jember
Pojok Pitu

Awal September Subsidi Gaji Dari Pemerintah Cair 1,2 Juta
Jatim Awan

Lupa Mematikan Kompor, 1 Rumah di Bojonegoro Terbakar
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber