Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Icip - Icip 

Jamur Berbahan Janggel Jagung Laris Manis di Pasaran
Selasa, 17-12-2019 | 08:12 wib
Oleh : Rizqi Setiawan
Berita Video : Jamur Berbahan Janggel Jagung Laris Manis di Pasaran
Bondowoso pojokpitu.com, Seorang pemuda di bondowoso, berhasil membudidayakan jamur berbahan janggel atau limbah bonggol jagung. Rasa gurih yang berbeda dengan jamur biasanya, membuat jamur ini laris manis dipasar lokal hingga pasar online.

Jamur tiram biasanya dibuat dari serbuk kayu yang dibungkus kantong plastik. Namun di Bondowoso, seorang warga bernama ali jupri, berhasil membudidayakan jamur dari bahan janggel atau limbah bonggol jagung. jamur produksi pria 30 tahun ini tumbuh lebat di sekitar rumahnya.

Cara pembuatan jamur janggel sangatlah mudah, yakni hanya mencampur sejumlah bahan yang ada disekitar, seperti janggel atau limbah bonggol jagung kering, katul padi, pupuk urea, serta ragi tape. setelah semua tercampur kemudian seluruh bahan ditutup rapat dengan plastik kedap udara selama 15 hari.

Ali Jupri, produsen jamur janggel, mengatakan, saat proses fermentasi ini setiap pagi campuran dibuka kemudian disiram air untuk mempercepat proses pembentukan jamur. Biasanya jamur akan muncul pada hari ke 10, namun masih berukuran sangat kecil.

Agar ukuran semakin besar, campuran ditambah katul menutupi seluruh permukaan. Jika ukuran jamur sudah sebesar jari anak-anak, maka jamur janggel telah siap panen.

Per kilogram, Ali Jupri menjualnya dengan harga Rp 20.000. Pemasarannya pun cukup mudah, karena pembeli datang untuk memetik sendiri ke rumahnya. Jika stok berlebih jamur maka janggel dipasarkan secara online.

Setiap harinya, produksi mencapai 3 kilogram dan dipanen pada sore hari. Rasa gurih jamur janggel, membuat produk rumahan ini laris manis diburu pembeli. (yos/VD:YAN)

Berita Terkait


Jamur Berbahan Janggel Jagung Laris Manis di Pasaran

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber