Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Mlaku - Mlaku 

Adaptasi Pulau Dewata, Pemerintah Hainan Bangun Desa Bali
Sabtu, 28-12-2019 | 04:20 wib
Oleh : Atiqoh Hasan
Tiongkok pojokpitu.com, Kota Xinlong Provinsi Hainan Tiongkok memiliki banyak destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi salah satunya Desa Bali. Di tempat tersebut selain dapat belajar kesenian khas Pulau Dewata Bali, anda dapat mempelajari akulturasi budaya lintas negara Indonesia dan Tiongkok.

Daya tarik pulau dewata Bali Indonesia di kancah internasional tidak diragukan lagi. Hal tersebut terbukti dengan adanya wisata desa bali, yang menjadi salah satu jujukan utama destinasi wisata turis yang datang berkunjung ke Kota Xinlong, provinsi Hainan, Tiongkok.

Beragam ornamen khas pulau bali dapat langsung anda jumpai saat memasuki area wisata ini, mulai dari patung, sesajen,makanan, hingga gapura atau gerbang masuk berhias ornamen pulau dewata.

Ambar Purwito, pelatih seni desa bali, menjelaskan, destinasi wisata desa bali yang mulai dibangun dan dibuka untuk umum tahun 2016 lalu ini, dahulu merupakan tempat tinggal warga Asia Tenggara, khususnya Indonesia keturunan Tionghoa pada tahun 1960, yang kembali ke Tiongkok setelah sekian lama berada dan tersebar di dataran asia tenggara salah satunya di Bali, Indonesia.

"Wisata desa bali tersebut juga sengaja dirancang sebagai wadah nostalgia warga keturunan, dan juga membantu melestarikan budaya bali indonesia di negara Tiongkok," kata Ambar Purwito.

Tidak hanya ornamen dan makanan, namun ragam kesenian tari dan menyanyi khas Indonesia juga ditampilkan dan diajarkan di obyek wisata tersebut. Sebagian besar penari yang melatih merupakan pelajar atau mahasiswa asal Indonesia, yang mengikuti program pertukaran budaya Indonesia-Tiongkok.

Selain menjadi daya tarik wisatawan domistik maupun mancanegara, wisata desa bali tersebut juga diharapakan dapat meningkatkan hubungan baik antara pemerintahan Indonesia dengan pemerintah Tiongkok. (yos)

Berita Terkait


Adaptasi Pulau Dewata, Pemerintah Hainan Bangun Desa Bali

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber