Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Mlaku - Mlaku 

Taman bukit daun ini berada di Desa Karanglo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban. Foto: Khusni Mubarok
Taman Bukit Daun, Bekas Tambang Jadi Obyek Wisata
Sabtu, 04-01-2020 | 00:10 wib
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Tandus, kering, dan panas, mungkin itu yang dirasakan saat berada di bekas area pertambangan. Namun berkat sentuhan tangan kreatif, lahan gersang bekas tambang perusahaan semen negara di Kabupaten Tuban, disulap menjadi wahana wisata sejuk dan nyaman. Selain terdapat banyak spot foto indah, pengunjung juda dapat melihat eksotisme area tambang dan edukasi tanaman.

Sejak awal tahun 2019, terdapat kawasan wisata baru di kabupaten tuban yang bisa dikunjungi pecinta wisata alam. Layaknya tempat wisata kekinian, taman bukit daun memiliki banyak spot foto. Sebab lokasinya berada di ketinggian, sehingga memiliki pemandangan yang indah dan langka. Tepat di belakang merupakan lahan tambang aktif.

Taman bukit daun ini berada di Desa Karanglo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban. Awalnya, lokasi bekas area tambang salah satu perusahaan semen ini tandus, kering, dan panas. Namun, berkat sentuhan tangan kreatif, lahan gersang ini disulap  menjadi wahana wisata sejuk dan nyaman.

Tak hanya menyajikan pemandangan alam, dalam area seluas seribu meter persegi ini pengunjung dapat menemukan berbagai tanaman langka. Seperti kawista, damar, gaharu, ulin, juwet, bahkan kurma. selain itu juga terdapat sejumlah tanaman herbal.

Yuly Purwatiningsih, pengunjung, menerangkan, wisata bukit daun ini sedang populer di media sosial. Hampir setiap hari pengunjung datang silih berganti.  "Tak ada tiket masuk maupun biaya parkir, pengunjung bisa datang sesuka hati," kata Yuly.

Namun pada hari biasa tempat ini hanya buka pukul 3 sore hingga 5 sore, sedangkan akhir pekan buka mulai pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore.

Taman bukit daun ini merupakan lahan bekas tambang batu kapur milik PT. Semen Indonesia. Pengalihan fungsi dilakukan sejak akhir tahun 2016 dan taman mulai dibangun pada tahun 2018. (yos)

Berita Terkait


Air Terjun Guyangan Permata, Tersembunyi Dibalik Bukit Pegunungan Argopuro

Warga Rame-Rame Menggali Gua Untuk Pariwisata

Taman Pinggir Nggawan, Destinasi Wisata Desa yang Terus Dipadati Pengunjung

Menikmati Air Terjun Toroan di Tepi Laut

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber