Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

Kasus Gagal Jantung Tinggi, Kampus Hungaria Kerjasama dengan FK Unair
Kamis, 16-01-2020 | 07:50 wib
Oleh : Atiqoh Hasan
Surabaya pojokpitu.com, Tingginya angka penyakit gagal jantung khususnya pada atlet di Indonesia membuat salah satu kampus di Hungaria tertarik untuk meneliti dan mengkomparasi fenomena tersebut.

Fakultas Kedokteran Unair menjalin kerjasama dengan The Heart And Vascular Centre Of Semmelweis University Hungaria. Kerjasama tersebut berkaitan dengan banyaknya angka kematian akibat sudden coronary death atau gagal jantung pada atlet maupun masyarakat kebanyakan.

Pihak kampus Hungaria mengaku tertarik untuk melakukan kerja sama lantaran 45 persen kasus sudden coronary death (SCD) di Indonesia umumnya disebabkan oleh faktor hereditas atau keturunan. "Di Hungaria, penelitian terkait SCD lebih banyak dan bervariasi lantaran kasusnya mencapai 50 persen, yang rata-rata disebabkan oleh gaya hidup," tutur Prof Bela Markeley, Rektor The Heart and Vascular Centre Of Semmelweis University Hungaria.

FK Unair mengaku kerja sama akan diawali dengan membentuk kerjasama antara departemen kardiovaskular dan kampus hungaria. Diharapkan dari kerjasama tersebut mampu menghasilkan suatu teknik operasi SCD dengan minimal invasif untuk mengurangi trauma pada pasien.(end)

Berita Terkait


Kasus Gagal Jantung Tinggi, Kampus Hungaria Kerjasama dengan FK Unair

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber