Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pilkada 

Muhamad Iskak, Ketua KPU Kabupaten Sidoarjo. Foto: Mujianto Primadi
Petugas PPK dan PPS Sidoarjo Wajib Cek Kesehatan
Jum'at, 17-01-2020 | 15:10 wib
Oleh : Mujianto Primadi
Sidoarjo pojokpitu.com, Menjelang tahapan Pilkada 2021-2026, Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu(Bawaslu) Kabupaten Sidoarjo, melakukan pertemuan dengan Pjs Bupati dan beberapa pihak Jumat, (17/1) siang.

Sesuai intruksi KPU pusat, petugas PPK dan PPS diwajibkan cek kesehatan. Hal ini merupakan syarat penerimaan petugas PPK dan PPS, dengan tujuan mengurangi jumlah korban kematian saat bertugas jalannya Pilkada.

Alasan KPU, jumlah korban meninggla dunia petugas PPK dan PPS saat pemilihan anggota legislatif dan Presiden sangat tinggi. Maka KPU pusat memberikan intruksi bagi Kabupaten/Kota menyelenggarakan Pilkada wajib tes kesehatan saat rekrutmen petugas PPK dan PPS.

Menurut Muhamad IskakKetua KPU Kabupaten Sidoarjo, sebagai syarat penerimaan petugas PPK dan PPS harus sehat jasmani dan rohani. Bahkan Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo sudah menyetujui 26 Puskesmas bisa digunakan untuk cek kesehatan calon petugas PPK dan PPS.  "Jika hasil cek kesehatan ditemukan calon petugas PPK dan PPS menderita penyakit berbahaya, maka tidak lolos atau gugur. Hal itu dilakukan untuk mengurangi jumlah korban petugas PPK dan PPS meninggal saat bertugas," kata Muhamad Iskak.

Sementara itu, untuk calon Bupati dan wakil Bupati Sidoarjo diwajibkan cek kesehatan di rumah sakit yang ditunjuk, yaitu RSUD Sidoarjo. (pul)

Berita Terkait


Petugas PPK dan PPS Sidoarjo Wajib Cek Kesehatan

PPK dan PPS Lumajang Tak Penuhi Kuota Keterwakilan Perempuan


KPU Bojonegoro Lantik 25 Petugas PPK dan PPS Baru

PPK dan PPS Lumajang Tak Penuhi Kuota Keterwakilan Perempuan

Kota Kediri Terapkan Gaji Tinggi Untuk PPK dan PPS

KPU Tampik Isu Suap Rekrutmen PPK dan PPS
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber