Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pilkada 

Antisipasi Kerusuhan, Polres Bojonegoro Gelar Simulasi Pilkades
Minggu, 19-01-2020 | 04:06 wib
Oleh : Samsul Alim
Bojonegoro pojokpitu.com, Dalam rangka mengantisipasi kerusuhan, Polres Bojonegoro menggelar simulasi persiapan pengamanan Pilkades serentak.

Terdapat 5 skenario yang diperagakan dalam simulasi. Mulai dari pengamanan seluruh tahapan Pilkades, antisipasi bencana, hingga simulasi kemungkinan adanya tindakan kriminal dan provokator yang ingin berbuat kerusuhan.

Simulasi pengamanan pelaksanaan Pilkades serentak dilakukan di Alun-Alun Kabupaten, Jumat (17/1) siang. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian operasi Mantab Praja Angling Dharma 2020 untuk pengamanan Pilkades yang dibuka Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah.

Kapolres Bojonegoro, AKBP M Budi Hendrawan menjelaskan, simulasi melibatkan seluruh jajaran Polres Bojonegoro.Mulai dari Sat Sabhara, Sat Reskrim, Dalmas, hingga seluruh anggota dari 28 Polsek yang nantinya akan melakukan pengamanan Pilkades serentak di wilayahnya masing-masing.

Selain itu, juga melibatkan ratusan petugas dari Brimob Polda Jatim, serta petugas bantuan dari Polres tetangga di bawah kendali operasi atau BKO Polres Bojonegoro.

"Ada 5 skenario yang dijalankan pada saat simulasi ini. Mulai dari pengamanan seluruh tahapan Pilkades serentak, antara lain pengamanan pendaftaran bakal calon, tahapan kampanye, proses pemungutan dan penghitungan suara, hingga pengukuhan dan pelantikan Kades terpilih," kata AKBP M Budi Hendrawan.

Selain itu, diperagakan pula aksi pengamanan jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan.Mulai dari ancaman bencana, seperti banjir dan kebakaran, hingga pengamanan jika ditemukan adanya pihak-pihak lain atau provokator yang ingin berbuat kerusuhan.

Untuk skenario yang berpotensi terjadi kerusuhan, para petugas juga telah mendapatkan pembekalan dan pelatihan khusus, sehingga siap melakukan tindakan jika hal-hal tersebut sewaktu-waktu terjadi di lapangan.

"Namun sikap representatif dengan mengedepankan komunikasi serta musyawarah tetap diutamakan, terutama bagi pihak-pihak yang tidak puas dengan hasil dan pelaksanaan Pilkades," tambah AKBP M Budi Hendrawan.

Selain melibatkan segenap anggota kepolisian, juga diikuti sejumlah petugas dari instansi terkait lainnya.Diantaranya Kodim 0813 Bojonegoro, BPBD, Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Kesehatan, PMI, serta melibatkan tokoh agama, tokoh pemuda dan masyarakat, serta didukung organisasi kemasyarakatan dan perguruan silat yang ada di Bojonegoro.

Simulasi bertujuan memberikan pengetahuan mengenai tata cara dalam mengamankan pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Bojonegoro, 19 Februari mendatang.Pesta demokrasi tingkat desa digelar di 223 desa dari 28 kecamatan, serta dengan jumlah bakal calon kepala desa mencapai 668 orang. (pul)

Berita Terkait


Antisipasi Kecurangan Pilkades, Polresta Sidoarjo Bentuk Satgas Anti Botoh

Polres Bojonegoro Siagakan 200 Pasukan Bermotor Untuk Patroli Keamanan

7.223 Linmas Siap Partisipasi Amankan Pilkades Serentak

Antisipasi Kerusuhan, Polres Bojonegoro Gelar Simulasi Pilkades

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber