Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Kesehatan 

Peneliti Ungkap Virus Corona Bisa Menyebar Antar-Manusia
Minggu, 26-01-2020 | 02:15 wib
Oleh :
Jakarta pojokpitu.com, Pemimpin tim ahli kesehatan pemerintah Tiongkok mengumumkan bahwa penularan virus corona baru dari manusia ke manusia telah dikonfirmasi.

Temuan ini bisa menimbulkan kekhawatiran bahwa infeksi tersebut mungkin tidak memerlukan kontak dengan hewan yang terinfeksi untuk terjadi, dan bisa menyebar di antara orang-orang lebih cepat.

Ketua tim peneliti, Zhong Nashan, seorang ahli pernapasan, mengatakan bahwa dua orang di provinsi Guangdong, selatan Tiongkok, terserang virus corona dari anggota keluarga. Beberapa pekerja medis juga tampaknya tertular virus dari pasien.

Tiongkok juga melaporkan peningkatan jumlah orang yang terinfeksi virus corona, termasuk kasus pertama yang muncul di ibukota Tiongkok, Beijing.

Menurut Associated Press, pihak berwenang mengatakan jumlah total kasus sekarang telah mencapai 200. Orang ketiga telah meninggal karena virus corona di Wuhan, kota Tiongkok tengah di mana wabah dimulai.

Media pemerintah Tiongkok mengatakan bahwa dua kasus telah dilaporkan di Beijing dan satu di kota selatan Shenzen. Di Wuhan, jumlah kasus sekarang adalah 198, dengan 136 kasus baru dilaporkan. Infeksi itu diperkirakan berasal dari pasar makanan laut Wuhan, yang telah ditutup untuk penyelidikan.

Virus corona menyebar ke negara-negara tetangga, dengan tiga kasus muncul di Jepang dan Thailand. Kasus pertama yang didiagnosis di Korea Selatan juga diumumkan pada hari Senin lalu.

Untuk membantu membendung penyebaran virus, bandara di setidaknya enam negara Asia telah mulai menscreen penumpang yang datang dari Tiongkok tengah, dan pada hari Jumat, otoritas AS mengatakan tindakan serupa juga dilakukandi bandara San Francisco, Los Angeles dan New York City.


"Infektivitas virus corona baru memang tidak kuat," kata Li Gang, direktur dan kepala dokter Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Wuhan, seperti dilansir laman WebMD, Selasa (21/1).

Infektivitas berarti kecepatan penyebaran virus di antara individu. Namun, ini tidak mengesampingkan kemungkinan penularan dari manusia ke manusia, tetapi risiko penularan dari manusia ke manusia rendah. "Dengan penerapan berbagai langkah pencegahan dan kontrol kami, epidemi bisa dicegah dan dikendalikan," pungkas Li.(fny/jpnn/yos)

Berita Terkait


3 WNI Kru Kapal Diamon Positif Terjangkit Virus Korona

Pasien yang Sempat Dirawat di RSUD Blambangan Negatif Virus Corona

Jokowi Berikan Diskon 30 Persen Bagi Wisman yang Datang Ke Indonesia

Pasien Isolasi RSUD Dokter Iskak Negatif Corona


Dewan Minta Pemkot Tetap Siagakan Petugas Antisipasi Virus Corona

Wabah Virus Corona Tak Pengaruh Aktivitas Pencari Codot

Semakin Mewabah, Dokter Paru Sosialisasi Virus Corona Pada Kepala SMA se-Surabaya

Pemkab Banyuwangi Kirim 20 Ribu Masker Sebagai Antisipasi Virus Corona ke Warganya di Hongkong
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber