Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Pasutri Edarkan Uang Palsu, Target Toko Kecil
Selasa, 28-01-2020 | 00:15 wib
Oleh : M. Ramzi
Magetan pojokpitu.com, Bagi anda pemilik toko kecil atau di pedagang di Pasar Tradisional, baiknya berhati-hati saat ada pembeli, karena bisa jadi target peredaran uang palsu. Seperti yang diungkap Polres Magetan. Pasangan suami istri menjadi pengedar uang palsu, dengan target toko kecil atau pasar tradisional.

Satuan Reserse Kriminal Polres Magetan, berhasil mengungkap kasus peredaran uang palsu. Dua tersangka berhasil diamankan, mereka adalah Mispandi (48) dan Dewi Derita (46) pasangan suami istri asal Kelurahan Banjarejo Kecamatan Taman Kota Madiun.

AKBP Festo Ari Permana, Kapolres Magetan, menjelaskan, mereka beraksi dengan membelanjakan uang palsu di toko kecil atau pasar tradisional, seperti Desa Banyudono Kecamatan Ngariboyo Magetan dan Pasar Sayur Magetan.  "Untuk melancarkan aksinya, biasanya mereka belanja pada pagi hari dan malam hari sehingga penjual tidak teliti terhadap uang yang dibelanjakan," kata AKBP Festo Ari Permana.

Selanjutnya, hasil belanjanya seperti rokok,  atau sayur-sayuran, mereka jual kembali untuk mendapatkan uang asli. "Dari tangan tersangka, petugas menyita barang bukti berupa 46 lembar uang kertas pecahan Rp 100 ribu yang diduga palsu, juga uang palsu yang disita dari korban dan 1 unit mobil daihatsu ayla milik tersangka," kata AKBP Festo Ari Permana, Kapolres Magetan.

Kepada petugas, mereka mengaku, uang tersebut dibeli dari seseorang, dengan harga, 1 lembar uang palsu pecahan Rp 100 ribu, seharga Rp 10 ribu.

Atas perbuatannya, kedua pelaku dijerat pasal 36 ayat 2 undang-undang RI nomer 7 tahun 2011, tentang mata uang, dengan hukuman 15 tahun penjara. (yos)

Berita Terkait


Gawat, Uang Palsu Mulai Beredar di Kota Bangkalan

Pasutri Edarkan Uang Palsu, Target Toko Kecil

Jaringan Uang Palsu Antar Propinsi Dibekuk Polres Jember

Guru Spiritual Mengaku Bisa Gandakan Uang Diamankan Polisi


Ibu Rumah Tangga Edarkan Uang Palsu Ditangkap Polisi

Empat Residivis Kembali Disidang Kasus Uang Palsu

Edarkan Uang Palsu di Pasar, Sugiarti Ditangkap Serse Polres Blitar

OJK dan Bank Indonesia Sosialisai Uang Palsu Jelang Pemilu
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber