Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Malang Raya 

Keberadaan Situs Pendem Menandakan Batu Adalah Wilayah Penting Pada Abad 10
Senin, 17-02-2020 | 04:02 wib
Oleh : Ali Makhrus
Malang pojokpitu.com, Tim balai pelsetarian cagar budaya jatim kembali melakukan eskavasi situs pendem, yang berada di Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu.

Hasil dari eskavasi ini, tim BPCB berhasil menampakkan bentuk bangunan, dan menemukan lubang sumuran. jadi dapat dipastikan bahwa bangunan situs ini merupakan sebuah candi.

Hal tersebut dikatakan Ketua Tim Eskavasi Candi Pendem, Wicaksono Dwi Nugroho, saat dirinya ditemui di situs pendem.
"Ukuran bangunan situs pendem ini sebesar 7, 5 kali 7, 5 meter, dan lubang sumuran yang merupakan pusat bangunan candi dengan lebar 2,1 kali 2, 1 meter," ujarnya.

Arah candi menghadap ke timur, yang menandakan bahwa situs ini merupakan bangunan peribadatan. Sementara ukuran dimensi batu bata lebih besar dibandingkan situs sekaran yang berada di Kabupaten Malang. "Kami memastikan bahwa, umur situs ini lebih tua daripada situs sekaran, yakni berkisar pada abad 10 masehi," imbuh Wicaksono Dwi Nugroho.

Terlebih lagi, keberadaan situs pendem ini menandakan bahwa Kota Batu merupakan kota yang penting pada masa mataram kuno atau abad ke-10, dimana terdapat candi yang didirikan dan dikhususkan bagi pande besi pembuat pusaka.

"Saat eskavasi pertama, ditemukan beberapa benda kuno seperti, uang belanda yang bertuliskan nederland hindi tahun 1825 dan koin bertuliskan java 1801," imbuh Wicaksono Dwi Nugroho.

Sementara pada eskavasi terahir ini, juga ditemukan beberapa benda kuno, seperti, pragmen gerabah, hingga pecahan botol bergaya eropa, yang menandakan situs pendem pada tahun 1800 an masih eksis namun kemudian dihancurkan dan dipendam atau di uruk dengan bebatuan. (yos)

Berita Terkait


Rencana Pemkot Batu, Situs Pendem Dijadikan Cagar Budaya

Jejak Situs Pendem Tertuang Pada Arsip Perkebunan Kopi

Keberadaan Situs Pendem Menandakan Batu Adalah Wilayah Penting Pada Abad 10

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber