Berita Terbaru :
Pasokan Darah Berkurang, PMI Gelar Donor Darah di Mapolres Lumajang
Walikota Bongkar Warung Untuk Penataan Kawasan Sumber Umis
Polres Blitar Kota Ungkap 295 Kasus Dalam Operasi Pekat
Dampak Covid-19, 34 Warga Binaan Madiun Dibebaskan
   

Tanggul Sungai Jebol, Warga Panik Bikin Tanggul Darurat
Pantura  Rabu, 19-02-2020 | 13:15 wib
Reporter : Avrizal Ilmi
Jebolnya tanggul membuat warga terutama para petani, panik. Mereka berusaha menutup tanggul yang jebol dengan material seadanya. Foto Avrizal Ilmi
Bojonegoro pojokpitu.com, Tanggul sungai avur di desa Kedungprimpen, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro, jebol sepanjang 5 meter akibat tak mampu menampung luapan air sungai, pasca hujan deras yang mengguyur wilayah setempat, selama 2 hari terakhir.

Kondisi tanggul sungai avur, di Desa Kedungprimpen, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro, yang jebol akibat diterjang arus sungai. Tanggul yang memiliki lebar rata-rata 3 meter diketahui jebol Rabu (19/2) pagi dengan diamater panjang mencapai 5 meter, serta longsor di sebelahnya, dengan panjang mencapai 7 meter.

Kondisi ini membuat warga sekitar, terutama petani, resah. Sebab, dampak banjir akibat jebolnya tanggul dikhawatirkan dapat mengancam lebih dari 1.500 hektar padi siap panen di 4 desa. Antara lain Desa Kedungprimpen, Prigi, Temu, dan Semanding.

Salah satu warga, Munawi menuturkan, tanggul sungai avur ini, diketahui jebol pagi hari tadi, usai hujan deras yang mengguyur wilayah setempat selama 2 hari terakhir.

Sementara mengetahui kejadian ini, puluhan petani yang khawatir mengalami gagal panen, berusaha menutup tanggul secara gotong royong, namun, karena material yang digunakan hanya berupa anyaman bambu dan karung berisi tanah. upaya para petani ini, seakan sia-sia dan hingga kini belum membuahkan hasil. Bahkan, tanggul yang jebol, justru semakin parah dengan panjang mencapai kisaran 6 meter.

Selain telah jebol sepanjang 5 meter, di titik lainnya, tanggul diketahui juga longsor sepanjang 7 meter, dengan kedalaman rata-rata mencapai 4 meter.

Warga berharap, tanggul yang jebol ini, segera teratasi, sehingga saat sungai meluap, banjir tak lagi datang dan membanjiri areal pertanian maupun pemukiman warga. (pul/VD:YAN)

Berita Terkait

Tanggul Jebol Rumah Warga Tergenang

Tanggul Jebol, 50 Hektar Tanaman Padi Terendam Banjir

Tanggul Sungai Jebol, Warga Panik Bikin Tanggul Darurat

Tanggul Sungai Jebol, Banjir Terjang Rumah Warga Ponorogo
Berita Terpopuler
Dampak Covid-19, 34 Warga Binaan Madiun Dibebaskan
Hukum  4 jam

Polres Blitar Kota Ungkap 295 Kasus Dalam Operasi Pekat
Peristiwa  3 jam



Cuplikan Berita
Jalan Darmo dan Tunjungan Surabaya Ditutup 2 Minggu
Pojok Pitu

Berburu Manisnya Buah Srikaya Puthuk Tuban
Pojok Pitu

Relawan Serahkan APD di RSUD Kanjuruhan Kepanjen
Jatim Awan

Kabupaten Nganjuk Menjadi Salah Satu Daerah Zona Merah di Jatim
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber