Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Inilah kampung gadukan rukun bozem morokrembangan Surabaya, atau yang lebih dikenal dengan sebutan kampung parikan Surabaya. Foto: Nanda Andrianta
Uniknya Kampung Parikan Surabaya yang Letaknya di Bantaran Bozem
Jum'at, 21-02-2020 | 21:20 wib
Oleh : Nanda Andrianta
Surabaya pojokpitu.com, Warga gadukan rukun, bozem morokrembangan Surabaya, punya cara unik untuk melestarikan seni parikan, yaitu dengan cara menyulap kampung mereka dengan warna warni tulisan khas diksi parikan. Beragam jenis parikan khas Suroboyoan terpampang disetiap tembok-tembok rumah warga.

Di kampung ini berjajar puluhan rumah bercat warna-warni, dimana beragam jenis parikan khas Suroboyoan terpampang di setiap tembok-tembok rumah warga.

Bagi generasi millenial, mungkin seni parikan terdengar cukup asing ditelinga mereka. Parikan atau kidungan khas Jawa Timuran ini nyatanya tidak terlalu asing bagi para pemuda ini. Sebab, para perangkat RT setempat sudah mulai mengenalkannya melalui tembok-tembok rumah warga yang dicat dengan tulisan parikan.

Pada masa lampau parikan sudah menjadi bagian kehidupan sehari-hari masyarakat Jawa, karena setiap kalimat parikan sudah mengandung muatan nasihat, sindiran, bahkan sekedar senda gurau.

Menurut Muhammad Yusuf, Ketua RT setempat menegaskan, kampungnya sengaja disulap menjadi kampung seni parikan, sebagai upaya warga untuk melestarikan tradisi dan budaya yang sejak dulu sudah ada.

"Selain beragam kalimat parikan, tembok rumah warga juga terdapat mural yang bergambarkan tokoh ludruk legendaris asal Jawa Timur, diantaranya Cak Bambang Gentolet, Cak Markeso dan Cak Momon, 3 tokoh sentra ludruk Suroboyo itu kini diabadikan menjadi ikon kampung parikan," jelas Muhammad Yusuf.

Yusuf juga menambahkan, kedepannya kampung parikan ini bisa menjadi sebuah kampung yang mampu memberikan destinasi wisata pembelajaran seni parikan kepada seluruh masyarakat.

Terlebih para generasi millenial yang saat ini banyak bergantung pada gadget,dan banyak melupakan sejarah kesenian tradisional khas Suroboyoan. (yos)

Berita Terkait


Uniknya Kampung Parikan Surabaya yang Letaknya di Bantaran Bozem

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber