Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Manfaatkan Limbah Plastik, Seorang Pemuda Ciptakan Lukisan Bernilai Seni
Sabtu, 22-02-2020 | 08:19 wib
Oleh : Achmad Arif
Lumajang pojokpitu.com, Jika pada umumnya kita bingung membuang atau bahkan memusnahkan limbah plastik yang proses penghancurannya hingga ratusan tahun. Tapi tidak dengan salah satu pemuda di Lumajang ini. Bukannya dibuang atau dibakar, berbagai macam limbah plastik makanan dan minuman olehnya justru disulap menjadi lukisan yang bernilai seni tinggi, bahkan, hingga memiliki nilai ekonomi tinggi. Karena limbah-limbah itu, ia sulap menjadi sebuah lukisan nan indah dan menakjubkan.

Keseharian Syaiful pemuda berusia umur 32 tahun, di Desa Rojopolo, Kecamatan Jatiroto, Lumajang. Setiap pagi dan sore hari, ia selalu rutin mengumpulkan berbagai macam limbah plastik, baik dari tempat sampah maupun dari warung-warung di sekitar rumahnya.
 
Limbah-limbah plastik ini sengaja ia kumpulkan untuk selanjutnya ia jadikan sebagai bahan baku membuat lukisan.
 
Syaiful memang sudah lama menekuni profesinya sebagai seniman lukis, namun seiring berjalannya waktu, ia tiba-tiba saja tergugah melihat banyaknya sampah yang berserakan disekitar rumahnya. Apalagi, sampah plastik ini merupakan salah satu jenis sampah berbahaya, yang membutuhkan waktu ratusan tahun lamanya untuk melebur dan hancur secara alami.
 
Awalnya, sampah-sampah yang selalu ia kumpulkan itu hanya untuk dibakar ditempat sampah miliknya. Namun, lama-lama ia mencoba memadukan sampah plastik dengan keahlian seni lukisnya.
 
Bak pucuk dicinta, ulam pun tiba. Lukisan limbah plastik hasil karyanya ini justru mampu memikat banyak pecinta seni lukis di Lumajang hingga luar kota. Berbagai pesanan pun berdatangan, untuk dibuatkan lukisan wajah dengan limbah plastik.
 
Harganya pun bervariatif, 1 lukisan karya Syaiful ini dibandrol dari harga Rp 200 ribu hingga 500 ribu, tergantung ukuran dan tingkat kerumitannya.
 
Kini, lukisan limbah plastik milik Syaiful ini tak hanya dijual kepada penggemar lukisan di dalam kota, namun beberapa kota di Jawa Timur juga sering memesan lukisan padanya.(end)

Berita Terkait


Manfaatkan Limbah Plastik, Seorang Pemuda Ciptakan Lukisan Bernilai Seni

Keruh dan Berbau Menyengat, Warga Tlasih Protes Limbah Plastik Cemari Lingkungan

Ratusan Siswa SMP Gelar Pameran Produk Olahan Limbah Plastik

Sampah Plastik Limbah Rumah Tangga Cemari Pantai Utara


Stunting dan Pengelolaan Limbah Plastik Jadi Perhatian Khusus Ketua PKK Jatim

Ajak Cinta Lingkungan, Siswa SD Berfashion Show Baju Dari Limbah Plastik

Anak-Anak Gereja Tapal Kuda Gelar Parade Lampion dari Limbah Plastik

Aneka Bunga Cantik Bernilai Ekonomis dari Limbah Plastik
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber