Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Life Style 

Angkat Budaya Lokal, Seniman Tulungagung Gelar Pameran Lukis Cethe
Sabtu, 22-02-2020 | 09:12 wib
Oleh : Agus Bondan
Tulungagung pojokpitu.com, Mengangkat budaya dan kearifan lokal, seorang perupa di Tulungagung, menggelar pameran lukisan dari ampas kopi atau cethe. Bertemakan Tokoh Cerita Rakyat Putri Kembang Sore, pameran lukisan unik ini pun cukup menyedot perhatian para penikmat seni.

Sebanyak 32 lukisan karya seorang perupa Tulungagung, Aditya Krisna, sejak hari Minggu lalu dipamerkan di Warung Sepor Buyut Suro, yang berada di Jalan Pangeran Antasari, Tulungagung.

Berbeda dari lukisan pada umumnya yang digambar menggunakan cat, puluhan lukisan unik ini digambar dengan memanfaatkan ampas kopi, atau cethe. Cethe sendiri merupakan budaya masyarakat Tulungagung, yakni melukis batang rokok dengan ampas kopi.

Dalam pameran tunggal ini, pelukis mengambil tema Cerita Legenda di Tulungagung, Putri Kembang Sore. Melalui lukisan cethe karya Adit, Tokoh Kembang Sore digambarkan sebagai sosok yang eksotis, dan sedikit ganjen.

Selain cerita kembang sore sebagai tema utama, lukisan tokoh-tokoh nasional dan internasional, ekspose hewan, dan kereta, turut menghiasi ruang pameran. Dalam berkarya, Adit yang sejak sekitar 5 tahun terakhir menggeluti seni cethe ini, seringkali menyisipkan kritik-kritik sosial.

Selain lukisan cethe kembang sore, lukisan lain yang cukup menarik perhatian pengunjung adalah, lukisan Presiden Joko Widodo, yang duduk bersama dengan tokoh-tokoh pemimpin dunia, menikmati hidangan sederhana dalam satu meja.

Lukisan-lukisan unik dari cethe karya Adit ini dijual bervariasi. Perupa asal Tulungagung ini menentukan harga tergantung ukuran kanvas. Satu buah lukisan biasa dijual dengan harga mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 10 juta.(end)

Berita Terkait


Riuhnya Wajah Perempuan dan Anak Anak dalam Lukisan Yayak Yatmaka

Angkat Budaya Lokal, Seniman Tulungagung Gelar Pameran Lukis Cethe

Paduan Karya Seni Rupa dan Sastra Dalam Pameran

Spektakuler, Seniman Lukis Ayat Al-Quran 30 Juz Selama Lima Tahun


Pameran Lukisan Karya 34 Pelukis Wanita Bertajuk Momiracle

Peringati Hari Pahlawan Dengan Lukisan Sepanjang 10 Meter

Madiun Street Activity, Perang Seni Lukisan Mural di Kota Pendekar

Oleh-Oleh Labaran Berkah Bagi Pengrajin Lukisan Kaligrafi Limbah Serbuk Kayu
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber