Berita Terbaru :
Cegah Corona, Puluhan Napi di Lapas Tuban Dibebaskan
Keterlaluan, Bisnis Ganja di Tengah Wabah Corona
   

Jejak Situs Pendem Tertuang Pada Arsip Perkebunan Kopi
Malang Raya  Minggu, 23-02-2020 | 07:30 wib
Reporter : Rafli Firmansyah
Malang pojokpitu.com, Temuan situs pendem yang kini berupa reruntuhan diyakini sebagai bangunan candi. Struktur bangunan ini diperkirakan masih tampak utuh dipermukaan tanah pada kisaran tahun 1800 an.

Dugaan kuat jika temuan di situs pendem merupakan bangunan candi diafirmasi dalam buku tulisan sejarawan Universitas Negeri Malang, Dwi Cahyono berjudul Sejarah Daerah Batu, Rekonstruksi Sosio-Budaya Lintas Masa
Dalam buku ini, Dwi mengutip arsip perkebunan kopi masa kolonial Belanda yang mencatatkan napak tiilas surveyor kopi Van Sevenfohen menyusuri perjalanan menuju batu bagian utara.

Arsip perkebunan kopi itu merekam perjalanan Van Sevenhofen pada tahun 1812. "Di tahun 1812 surveyor kopi, Van Sevenhofen pernah melihat bangunan candi, tak lama setelah menyebrangi sungai brantas," jelas Dwi.

Perjalanan Van Sevenhofen dimulai dari Naya yang saat ini disebut Dinoyo, dilanjutkan ke Alu atau Ngelu yang ada di Tlogomas hingga Kaling atau Sengkaling. "Sesampainya di Kaling, ia menyebrangi sungai brantas dan tak lama kemudian, Van Sevenhofen melihat bangunan candi," imbuh Dwi Cahyono.

Dwi berkeyakinan, jika candi yang tercatat dalam arsip itu merupakan situs pendem yang ditemukan saat ini. "Ada petunjuk lain yang semakin memperkuat situs pendem merupakan candi," imbuhnya.

Lokasinya diapit sungai brantas dan gunungwukir yang disakralkan. Selain itu terdapat jejak-jejak arkeologis yang ditemui di Desa Pendem berupa arca bercorak Hindu Syiwa, Lingga Yoni, Arca Durga dan Nandi, Lesung batu serta artefak arkeologis lainnya. (yos)





Berita Terkait

Rencana Pemkot Batu, Situs Pendem Dijadikan Cagar Budaya

Jejak Situs Pendem Tertuang Pada Arsip Perkebunan Kopi

Keberadaan Situs Pendem Menandakan Batu Adalah Wilayah Penting Pada Abad 10
Berita Terpopuler
Keterlaluan, Bisnis Ganja di Tengah Wabah Corona
Hukum  56 menit

Cegah Corona, Puluhan Napi di Lapas Tuban Dibebaskan
Hukum  45 menit



Cuplikan Berita
Jalan Darmo dan Tunjungan Surabaya Ditutup 2 Minggu
Pojok Pitu

Berburu Manisnya Buah Srikaya Puthuk Tuban
Pojok Pitu

Relawan Serahkan APD di RSUD Kanjuruhan Kepanjen
Jatim Awan

Kabupaten Nganjuk Menjadi Salah Satu Daerah Zona Merah di Jatim
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber