Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pilkada 

Gunawan, Bacawali Surabaya Jalur Independen
Paslon Independen Yasin-Gunawan Lolos Pengecekan Dukungan
Kamis, 27-02-2020 | 11:30 wib
Oleh : Juli Susanto
Surabaya pojokpitu.com, KPU Kota Surabaya akhirnya menetapkan 1 pasangan calon independen, atau jalur perorangan, yang dinyatakan lolos pengecekan data bukti fisik dukungan berupa fotocopy KTP sebagai syarat untuk maju dalam Pilwali Kota Surabaya 2020.

Ketetapan ini diumumkan KPU pada Kamis (27/2) dini hari pukul 00, setelah KPU berikan waktu 3 hari kepada para paslon untuk memenuhi data persyaratan dukungannya.

Komisi Pemilihan Umum Kota Surabaya, menetapkan 1 pasangan calon jalur independen, atau perorangan lolos pengecekan  pemenuhan jumlah dukungan, di kantor KPU Kota Surabaya, di Jalan Adityawarman, Kamis dini hari.

Penyerahan syarat dukungan ini diberikan KPU dalam tenggat waktu 3 sejak tanggal 19 hingga tanggal 23 Februari 2020, kepada paslon independen, atau jalur perorangan.

Dari pengecekan yang dilakukan KPU, pasangan calon M Yasin dan Gunawan, dinyatakan lolos pengecekan data fisik pemenuhan dukungan berupa fotocopy KTP, dengan jumlah dukungan melebihi ketentuan yang disyaratkan KPU.

Pasangan ini menyerahkan dokumen bukti dukungan kepada KPU sebanyak 140.934. Dari total itu sebanyak 139.758 dokumen dinyatakan lengkap, sementara sebanyak 755 dokumen dinyatakan tidak lengkap. Namun telah memenuhi jumlah dukungan yang di syaratkan.

Sementara paslon Muhammad Soleh - Taufik Hidayat, menyerahkan sebanyak 140.384 bukti dukungan. Dari total itu, sebanyak 86.404  bukti dukungan dinyatakan lengkap. Sedangkan 53.980 bukti dukungan dinyatakan tidak lengkap, sehingga pasangan Muhammad Soleh-Taufik Hidayat, dinyatakan tidak memenuhi jumlah minimal dukungan.

Menurut Naafilah Astri - Komisioner KPU Surabaya Divisi Perencanaan Data Informasi, dengan penetapan ini, paslon jalur independen M Yasin-Gunawan, akan mengikuti tahapan selanjutnya. Yakni verifikasi administrasi dan penggandaan dokumen.

Sebelumnya, KPU memberikan tenggat waktu selama 3 hari kepada 4 bakal calon perseorangan yang ingin maju dalam Pilwali Kota Surabaya 2020. Dari keempatnya, hanya 2 paslon yang menyerahkan syarat yakni bukti fisik dukungan dengan memenuhi syarat dukungan minimal yang ditetapkan, yakni 138.565 dukungan, dengan sebaran minimal di 16 kecamatan di Kota Surabaya.

Selanjutnya KPU akan melakukan sejumlah tahapan untuk Pilwali Kota Surabaya, diantaranya verifikasi administrasi terhadap data jumlah dukungan pasangan calon, serta verifikasi faktual dengan mendatangi satu per satu pendukung, yang tertera dalam fotocopy KTP dukungan, yang nantinya dilakukan petugas penghitung suara di tingkat kelurahan. (pul)

Berita Terkait


Paslon Independen Yasin-Gunawan Lolos Pengecekan Dukungan

Satu Paslon Lolos Verifikasi Administrasi Berkas Dukungan

Kecil Kemungkinan Calon Independen Menang Pada Pemilukada

Lis-Teteng Serahkan Sarat Dukungan Calon Walikota Blitar Jalur Independen


Calon Independent Klaim Sudah Dapat 90 Ribu KTP

KPU Mojokerto Mulai Buka Pendaftaran Calon Independen

Calon Independen Cak Sholeh dan Cak Taufik Terus Dekati Masyarakat Surabaya

Bakal Calon Independent Mengaku Dapat Support Dari Parpol
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber