Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Icip - Icip 

Nikmatnya Kue Pia Pisang Lumajang
Kamis, 27-02-2020 | 18:33 wib
Oleh : Achmad Arif
Lumajang pojokpitu.com, Melimpahnya buah pisang, menginspirasi seorang ibu rumah tangga di Lumajang untuk berkreasi membuat jajanan kue bakpia, yang diberi nama Pia Mahameru. Dibandingkan pia daerah lainnya, Pia Mahameru mempunyai tekstur, bentuk dan rasa yang khas. Kini, penjualan Pia Mahameru tidak hanya dipasarkan di Lumajang saja, namun pemasarannya kini sudah menjangkau luar Jawa seperti, Jayapura dan bahkan hingga ke Hongkong.

Dengan dibantu oleh 5 orang karyawannya, Sri Utami, warga Perumahan Bumirejo Permai, Desa Sumberejo, Kecamatan Sukodono, setiap hari memproduksi jajanan Pia Mahameru. Untuk membuat jajanan pia ini, tidaklah sulit. Bahan tepung yang sudah berbentuk adonan kemudian ditimbang dengan berat 25 gram.
 
Selanjutnya, adonan tersebut dibentuk dan diberi  isian pisang yang sudah dihaluskan. Pisang yang digunakannya pun bukan sembarang pisang. Pisang yang cocok untuk kue ini adalah jenis pisang kepok.
 
Proses selanjutnya adalah pengeringan dengan menggunakan mesin open dengan suhu 180 derajat celsius. Sri Utami sengaja menggunakan isian pisang pada kue pianya, karena bahannya cukup melimpah di Lumajang.

Selain pisang, ada 2 varian rasa lainnya pada kue pia buatan Sri Utami, yakni cokelat dan kacang ijo. Jajanan pia ini sangat enak dimakan saat musim hujan seperti sekarang ini, karena tekturnya kering di luar dan lumer di dalam.
 
Kini, Sri Utami sudah menyediakan sebuah etalase di teras rumahnya untuk memasarkan hasil produknya. Selain wilayah Lumajang, kini pia mahameru ini sudah dipasarkan ke sejumlah kota di Indonesia. Bahkan, jajanan kering ini sudah sampai di Hongkong.

Berita Terkait


Nikmatnya Kue Pia Pisang Lumajang

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber